bennerorbit

«

»

2013, USU Terima Mahasiswa Baru Lewat Tiga Jalur

Medan-ORBIT: Universitas Sumatera Utara (USU) tahun akademik 2013/2014 membuka penerimaan Mahasiswa baru lewat tiga jalur yakni Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Demikian disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Humas USU Bisru Hafi di Ruang kerjanya Biro Rektor USU Medan kepada harian Orbit, Senin (29/4).

“Tahun ajaran baru ini USU menerima Mahasiswa melalui tiga jalur masing masing berdasarkan persentasi yang sudah di tentukan yaitu 50 persen lewat SNPTN atau sejumlah 3.936 mahasiswa, SBMPTN 10 Persen  atau sejumlah 2.406 Mahasiswa dan 40 Persen dari jalur mandiri atau sejumlah 1.544 mahasiswa ” jelas Bisru.

Untuk itu, katanya, USU telah menetapkan bahwa penerimaan mahasiswa baru secara nasional melalui tiga jalur tersebut  yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia.

Kemudian melalui SNPTN yang diluncurkan pemerintah langsung dari pihak sekolah sendiri yang mendaftarkan melalui kepala sekolah masing-masing yang pada tahun sebelumnya disebut istilah jalur undangan.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya jalur SNPTN diterima melalui jalur nasional yang pendaftaraanya melalui online,yang dilakuan oleh kepala sekolah masing-masing” katanya.

Selain melalui SNPTN yang 50 persen, USU juga menerima mahasiswa baru 10 persen lewat SBMPTN  dari total mahasiswa yang diterima, selanjutnya USU juga menerima mahasiswa baru melalui jalur Mandiri yakni memenuhi 40 persen kuota yang diizinkan.

“Total rencana tahun ini USU menerima mahasiswa sebanyak 7.884 orang”terangnya lagi.

Menurut Bisru, hasil SNPTN yang sedang berlangsung akan di umumkan 28 Mei 2013 mendatang. Sementara jalur SBMPTN akan dibuka  pendaftaran secara Online 13 Mei

2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. sedangkan Penerimaan lewat jalur Mandiri akan di buka 10 Juni 2013 mendatang.

Calon siswa yang tidak lulus SNPTN Boleh Daftar Kembali melalui SBMPTN Informasi yang dihimpun harian Orbit mengenai SBMPTN,  bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi /@wifi.id) di Plasa Telkom.

Juga pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupunpembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri.

Channel tersebutmelalui mandiri Internet, mandiri ATM, mandiri SMS, Cabang Bank Mandiri, Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri).

Selanjutnya calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan tidak lulus, boleh mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP dan PIN SBMPTN yang harus diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan lulus, juga

diperbolehkan  mendaftar SBMPTN tetapi harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP SBMPTN yang harus diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Om-24

1 comment

  1. Arthur Alek

    bagaimana cara pendaftaran jalur mandiri usu ???

Leave a Reply