• Nasdaq :3534.532+1.446 - +0.04%
  • UK Main Index :6625.25+41.08 - +0.62%
  • Australian All Ords :5444.800+32.200 - +0.59%
  • Australian 200 :5454.200+33.900 - +0.63%
  • AUS VS USD :0.9327
  • USD VS JPY :102.425
  • USD VS IDR :11420.00
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

Abdya Kirim Duta ke FLS2SN Tingkat Nasional

SMP Negeri 1 Blangpidie Juara Provinsi

Blangpidie-ORBT: Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) mengantarkan pelajar SMP SMP Negeri 1 Blangpidie tampil sebagai kampiun. Mereka pun berhak mengikuti event tingkat nasional yang akan diikuti pelajar se-Indonesia yang akan digelar di Mataram, NTB.

Informasi dihimpun Harian Orbit, Rabu (30/5), siswa-siswi SMPN 1 Blangpidie, Abdya, berhasil meraih juara I bidang tari tingkat Provinsi Aceh dalam ajang yang digelar di Banda Aceh. Siswa-siswi yang telah membanggakan Abdya tersebut diantaranya, Santi Yana Putri, Dea Paradila, Meta Al-Fara, Putri Santika dan Rahma.

Sanga juara itu diasuh Mursyiddin S.Pd, yang mampu memberikan nilai tambah Abdya dengan tarian Tulak Bala (Rabu Habeh) di ajang FLS2SN tingkat Provinsi Aceh yang diadakan dari tanggal 27-29 Mei 2012 di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Abdya melalui Kabid Madas, Jamalludin, mengungkapkan, even ini merupakan ajang bagi para pelajar SMP se-Indonesia untuk menunjukkan potensi mereka di bidang non akademik.

“Prestasi non akademik juga harus diperjuangkan para pelajar. Walau begitu, mereka tetap tidak boleh mengesampingkan prestasi akademiknya. Jadi dua hal itu harus seimbang,” ujarnya.

Tak hanya di tingkat kabupaten, ia mengatakan SMP Negeri 1 Blangpidie mampu mencetak prestasi pelajar hingga tingkat Provinsi. Terbukti, dengan prestasi pelajar SMP Negeri 1 Blangpidie yang mampu meraih juara I tingkat Provinsi di cabang lomba tari.

”Dan kita menjadi satu-satunya duta Abdya yang akan memeriahkan FLS2SN ini tingkat nasional di Mataram nantinya,”jelasnya.

 

Kader Intelektual

Jamalludin menambahkan, prestasi yang didapatkan SMP Negeri 1 Blangpidie tersebut tidak terlepas dari peranserta guru-guru dan kepala sekolah bahu-membahu melahirkan putra-putri yang andal.

“Keberhasilan ini hendaknya menjadi contoh yang baik untuk siswa-siswi lainnya, agar Abdya setiap tahunnya mampu mengirimkan dutanya ke tingkat Nasional,”pungkasnya.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Blangpidie, Salma Hasan, A.md.Pd, yang didampingi Pembina kesenian tari, Hermalina, kepada Harian Orbit mengatakan, prestasi yang diraih siswa-siswinya dalam ajang tersebut merupakan suatu kebanggaan yang tak terhingga.

“Ini sudah sangat lama kita harapkan SMP Negeri 1 Blangpidie mampu menjadi satu-satunya wakil Abdya untuk Provinsi dalam mengikuti FLS2SN tingkat nasional di Mataram,”imbuh Salma Hasan.

Salma, melajutkan, berkat kerjasama dari semua pihak, walau dalam keterbatasan dana, pihaknya mampu mencetak putra-putri terbaik dengan nilai moralitas budaya yang mencerminkan keimanan dalam kedisplinan.

“Kita terus berusaha untuk melahirkan kader-kader muda intelektual dengan mencerminkan nilai-nilai budaya Abdya seperti moto pendidikan Abdya,”jelasnya.

 

Suatu Kebanggan

Lebih lanjut, Salma, mengatakan, siswa-siswi yang telah mengikuti FLS2SN tingkat provinsi tersebut merupakan hasil pembinaan dari tahun pertama di bidang seni.

“Semenjak pertama masuk siswa-siswi kita berikan kebebasan memilih ektrakurikulernya dan akan kita bina sehingga mereka menjadi sosok yang mandiri,” kata Salma.

Salma juga menambahkan SMP Negeri 1 Blangpidie membina empat keriteria ekrakurikulum diantaranya bidang pengembangan seni budaya, bidang olahraga, bidang pengkajian nilai-nilai ke-Agamaan dan pengembangan bidang Akidah Akhlak.

Terpisah, Pj Bupati Abdya, Azhari Hasan SE Msi, kepada Harian Orbit, Rabu (30/05), mengatakan, keberhasilan SMPN 1 Blangpidie merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan dari hasil kerja keras para guru dan anak didik.

“Selamat semoga menjadi spirit bagi siswa-siswi untuk mengapai cita-cita yang mulia dan bermamfaat bagi Kabupaten Aceh Barat Daya,”ungkapnya.

Pj Bupati menambahkan, prestasi yang sudah diperoleh tersebut hendaknya akan terus dipupuk sehingga menjadikan suatu kebanggan yang lebih dari Kabupaten yang masih berusia muda ini. “Ini harus dipertahankan untuk kemajuan pendidikan Abdya,”pungkasnya. On-48/Ni

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login