«

»

Alquran Ajarkan Hablum Minallah dan Hablum Minannas

Bupati Langkat H. Ngogesa berbincang akrab dengan qori-qoriah haflah asal Langkat Amar Akbar, Sri Wahyuni, Anggi Putri Suhadi dan Rahmansyah di Masjid Syafiatul Amaliyah Hadiqoh (SAH) Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat. Foto:B.Yudha

 

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu bersama aparatur pemerintahan lainnya, mengikuti peringatan turunnya Al Quran atau Nuzulul Quran ke muka bumi di Masjid Syafiatul Amaliyah Hadiqoh (SAH) Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat Kamis (25/7) malam.

Kegiatan yang diprakarsai Bagian Kessos Pemkab Langkat pimpinan H Syahrizal, meskipun diwarnai turunnya hujan tetap direspon positif masyarakat yang dimulai dengan rangkaian sholat fardhu Isya dan sunat tarawih serta witir berjamaah.

Sebagai tanda dimulainya acara Nuzulul Qur’an, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu dalam sambutannya tegaskan, penyelenggaraan kegiatan dimaksud maupun hari-hari besar keagamaan lainnya merupakan wujud implementasi komitmen visi religius diusung Pemkab Langkat guna senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Peringatan nuzulul qur’an ini sebagai wahana introspeksi diri guna meningkatkan pemahaman dan pengamalan kita terhadap ajaran terkandung dalam Al Qur’an. Sebagai pedoman hidup sehari-hari agar tercapainya kebahagian dunia dan akhirat,” kata Ngogesa.

 

Kualitas Silaturahim

Terkait kebahagian dunia dan akhirat menurut Bupati, Al Quran sesungguhnya tidak hanya mengandung ajaran mengatur hubungan vertikal antara seorang hamba dengan Allah SWT, namun juga hubungan antara sesama manusia.

Untuk itu, selain menjadi syiar peringatan dimaksud juga silaturrahim antara umaro dan ulama serta seluruh elemen masyarakat.

Silaturrahim diharapkan meningkatkan kualitas saling kenal, memahami satu sama lain dan saling menolong sehingga jalinan ukhuwah persaudaraan maupun kerjasama bahkan sinergitas semakin kokoh. Tujuannya guna membangun dan menjaga suasana tenteram di masyarakat, terutama jelang proses Pilbup, Pileg dan Pilpres.

Khusus kepada segenap aparatur Pemkab Langkat, singgung Ngogesa, peringatan tersebut diwujudkan dalam setiap pribadi untuk berakhlak terpuji, jujur, sabar, disiplin dan memiliki etos kerja tinggi sesuai kebutuhan melayani masyarakat.

 

Bentuk Kesempurnaan

Pada kesempatan itu Ngogesa kepada menyerukan jajaran aparatur, puasa ramadan dan nuzulul quran sebagai tonggak meningkatnya pemahaman sekaligus pengamalan Al Quran sehingga nilai-nilainya senantiasa menyertai sikap dan langkah bahkan aktifitas untuk mewujudkan tatanan kehidupan lebih baik secara material dan spiritual.

“Teruslah kita perkuat persaudaraan, hilangkan perselisihan jangan menebar fitnah dan selalulah memberikan yang terbaik untuk mendapat nilai berkah dan limpahan rahmat dari Allah SWT. Mari kita cermati surat Al Hujuraat ayat sepuluh yang artinya sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanglah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah SWT supaya kamu mendapat rahmat,” tutup Ngugoesa seraya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang memakmurkan rangkaian acara tersebut.

Al Ustadz H Syamsul Bahri dalam tausyiahnya yang terbagi dua sessi ungkapkan, hal yang patut dipahami dari Al Qur’an diantaranya ilmu, keyakinan atau akidah, menguatkan barisan atau jamaah karena syetan takut hal tersebut kemudian berjuang atau jihad dengan jalan Allah SWT serta memiliki kekayaan zahir dan bathin.

Selain itu, ramadhan membentuk kesempurnaan iman melalui keindahan hati untuk ikhlas, sabar, ridho, syukur dan tomaah. Sedangkan kesempurnaan lain adalah perkataan untuk selalu jujur ditutup dengan sempurnanya perbuatan.

Acara yang diikuti segenap undangan selain pejabat lingkungan Pemkab Langkat termasuk Kakan Kemenag HT Darmansyah, Menejer Kebun PTPN2 Kwala Bingai, Ketua Muhammadiyah H. Sujarno serta Al Washliyah dan mantan Sekda Langkat H Masri Zein, menariknya jamaah dihanyutkan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an yang dibawakan empat qori-qoriah haflah asal Kabupaten Langkat yakni Amar Akbar, Sri Wahyuni, Anggi Putri Suhadi dan Rahmansyah. Od-13

Leave a Reply