• Nasdaq :3534.532+1.446 - +0.04%
  • UK Main Index :6625.25+41.08 - +0.62%
  • Australian All Ords :5444.800+32.200 - +0.59%
  • Australian 200 :5454.200+33.900 - +0.63%
  • AUS VS USD :0.9333
  • USD VS JPY :102.421
  • USD VS IDR :11427.50
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

Daftar Bacaleg NasDem Binjai, Diisi Kerabat dan Keluarga Ali Umri

Medan-ORBIT: Dua hari lalu, masyarakat diresahkan oleh daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Demokrat. Partai berlambang mercy itu banyak menempatkan kerabat dan keluarga Ketum Demokrat yang juga Presiden RI, Susilo Bambang Yudohoyono.

Kini, aroma nepotisme juga tercium dari daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai NasDem di Pemilu 2014. Di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 12 meliputi Kota Binjai Langkat, Bacaleg NasDem diisi kerabat dan keluarga Ketua DPD Nasdem Sumut yang juga bekas Walikota Binjai, Ali Umri.

Informasi dihimpun Harian Orbit hingga Kamis (2/5), dalam daftar Bacaleg Tingkat Provinsi Sumut Partai NasDem, ada nama mantan Wakil Walikota Binjai Drs H Anhar Monel MAP.

Bekas orang nomor dua di Kota Rambutan itu menempati nomor urut satu dalam daftar Bacaleg. Di nomor urut dua daftar tersebut, ada nama HM Reza Syahputra SH. Reza tak lain merupakan putra bekas Walikota Binjai yang sekarang menjabat Ketua DPD Partai NasDem Sumut, Ali Umri.

Kemudian, di nomor urut empat ada juga sosok yang disebut-sebut paling dekat sewaktu Ali Umri menjadi Walikota Binjai, yakni Drs H Ali Syafril MAP. Ali merupakan Bekas Sekda Kota Binjai yang kini juga terdaftar dalam bacaleg Partai NasDem untuik DPRD tingkat Provinsi Sumut.

Dari informasi dihimpun Harian Orbit, Ali Umri sendiri terdaftar sebagai Bacaleg untuk DPR RI dari Dapil Sumut 1.

Menyikapi hal itu, Aktivis Lembaga Kajian Masyarakat Marginal (LKMM) Muhammad menyebutkan, terdaftarnya seseorang menjadi bacaleg merupakan hal yang sah selama pendaftaran tersebut melalui ketentuan yang berlaku.

Namun dirinya tidak menafikan bahwa daftar bacaleg Partai NasDem Sumut sarat perilaku nepotisme. Indikasinya, kata Muhammad, banyaknya kerabat dan keluarga Ketua DPD NasDem Sumut, Ali Umri yang terdaftar sebagai bacaleg partai menggembar-gemborkan semangat restorasi tersebut.

“Masyarakat wajar menganggap daftar bacaleg itu sarat perbuatan nepotisme. Berarti, tidak berbeda Partai NasDem yang menggelorakan semangat perubahan, dengan Partai Demokrat yang daftar bacalegnya juga dipenuhi kerabat dan keluarga SBY,” ujar Muhammad. Or-09

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login