• Nasdaq :3595.151+38.115 - +1.07%
  • UK Main Index :6703.00+28.26 - +0.42%
  • Australian All Ords :5515.500+13.300 - +0.24%
  • Australian 200 :5531.000+13.200 - +0.24%
  • AUS VS USD :0.9256
  • USD VS JPY :102.325
  • USD VS IDR :11645.00
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

Dua Periode Menjabat Bupati Taput, Taluto Mencalon Lagi Jadi Wabup

Taput-ORBIT: Hasrat Bupati Tapanuli Utara (Taput) Torang Lumbantobing (Toluto) yang ingin kembali maju dalam Pemilukada di daerah itu, menuai cibiran masyarakat.

Cibiran itu dikarenakan Torang maju kembali sebagai Wakil Bupati (Wabup) pada Pemilukada 11 September mendatang.

“Toluto seharusnya menghindarkan ‘prinsip ambisius’ yang justru akan merugikan dirinya sendiri. Saya bingung dasar pemikiran Toluto sehingga dirinya tergerak menjadi calon wakil bupati ke depan,” ujar mantan Anggota DPRD Taput Asman Sihombing, kepada Orbit, Jumat, (8/2).

Menurut Asman, awal dukungan sejumlah Kepala desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes) di Taput kepada Toluto untuk maju kembali Wabub Taput sangatlah keliru.

 Alasannya, hal itu bertentangan dengan UU No. 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dugaan saya, dukungan inilah yang menjadi awal rencana manuver politik Toluto. Terhadang UU No. 32/2004  untuk maju menjadi Bupati, terpaksa ‘dibanting setir’ menjadi calon wakil bupati,” sebut Asman.

Dikatakan Asman, dirinya salut atas keberhasilan Toluto dalam berpolitik. Hal ini disebutnya melihat jabatan yang telah berhasil diraihnya yakni satu periode sebagai Ketua DPRD Taput dan dua periode sebagai Bupati Taput.

Keberhasilan tersebut hendaknya dijadikan peningkatan kompetensi.

“Saya akan sangat mendukung Toluto jika ada niat menjadi Ketua DPRD Sumut, Gubernur atau jabatan lainnya di atas Bupati. Namun jika niatnya malah menurunkan tahta menjadi wakil bupati menjadi pertanyaan besar. Kepentingan apa yang diagendakan?” ujarnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Taput, Lamtagon Manalu mengatakan jika pencalonan Toluto sebagai wakil bupati di Pemilukada mendatang merupakan hak politik dan tidak dilarang.

Menurutnya, UU No.32/2004 dan UU No.12/2008 hanya melarang pencalonan untuk jabatan yang sama.

Atas Dorongan Masyarakat

Sebelumnya pernyataan bakal maju di Pemilukada 2014-2019 ini dipaparkan Toluto di hadapan ratusan tokoh masyarakat dan sejumlah Kepala Desa dalam acara silaturahmi di Aula Kantor Bupati Taput, Rabu (6/2).

Di sana , secara terang-terangan Toluto menyatakan dirinya akan maju di Pemilukada mendatang. Menurutnya, keinginannya kembali maju di Pemilukada tidak hanya didasari kemauan pribadi.

Melainkan, adanya dorongan dari berbagai lapisan masyarakat yang sama-sama menginginkan kebangkitan dan kemajuan Kabupaten Taput di masa yang akan datang.

“Memang saya sudah cukup lama menduduki jabatan sebagai bupati. Tetapi atas dorongan dari masyarakat, Saya kembali maju dan ingin membangun Bonapasogit meski sebagai wakil bupati. Untuk itu, mari sama-sama bangkit dan maju bergerak. Jangan mau tertinggal,” pungkas Taluto. Od-24

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login