• Nasdaq :3534.532+1.446 - +0.04%
  • UK Main Index :6625.25+41.08 - +0.62%
  • Australian All Ords :5444.800+32.200 - +0.59%
  • Australian 200 :5454.200+33.900 - +0.63%
  • AUS VS USD :0.9329
  • USD VS JPY :102.4025
  • USD VS IDR :11420.00
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

FK Unpri akan Miliki Rumah Sakit Pendidikan

RS FK Unpri

 

Medan-ORBIT: Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (Unpri) merupakan Fakultas Kedokteran (FK) swasta satu-satunya di Sumatera Utara (Sumut) yang memiliki Rumahsakit (RS) Pendidikan milik sendiri (mandiri).

Hal tersebut dikatakan Dekan FK Unpri, dr Yahwardiah Siregar PhD. Menurutnya, Rumahsakit Pendidikan berdiri satu area disamping gedung FK Unpri akan menjadi rumahsakit utama tempat praktik mahasiswa.

“Rumahsakit Pendidikan FK Unpri memiliki tinggi 14 lantai, berkapasitas 250 bed, dengan fasilitas enam ruang operasi, ruang ICU, ruang ICCU, ruang NICU, PICU, ruang HDU dan radiologi,” ujar Yahwardiah kepada Harian Orbit, Senin (8/4).

Kemudian, Hemodialisa, Cath Lab, IGD, ruang bersalin, ruang  bayi sehat, ruang bayi sakit, Endoscopy, Cardiac Stress Test, ruang anak, 32 Poliklinik Spesialis dan Sub Spesialis, Fasilitas Rehabmedik, Apotik, Cafetaria dan Laboraotium.

Lalu perpustakaan mahasiswa, ruang seminar, ruang COASS, Helipad (Landasan helikopter) dan 24 kamar penginapan. Yahwardiah menyebutkan, dengan fasilitas yang sangat lengkap, Rumahsakit Pendidikan FK Unpri akan menjadi rumahsakit utama tempat praktik mahasiswa.

Selanjutnya, kata Yahwardiah, Rumahsakit Pendidikan FK Unpri menjadi rumahsakit bertaraf Internasional. Rumahsakit ini akan berfungsi penuh sebagai rumahsakit pendidikan, pelayanan masyarakat dan penelitian.

Hal senada juga disampaikan Direktur Rumahsakit Pendidikan FK Unpri, dr Deli Theo SpPK MARS, dengan berdirinya rumahsakit ini akan menciptakan lulusan dokter yang bermutu dan memiliki ketrampilan yang tinggi.

Karena mahasiswa FK Unpri dididik early clinical exposure atau salah satu metode pembelajaran dimana mahasiswa dikenalkan pada kondisi klinik secara dini sesuai blok dan materi yang sedang dijalankan dan pembelajaran yang komperhensif antara teori dan praktik.

Dari sisi akademis, sebut Deli Theo, FK Unpri memfokuskan pada penyakit tropis, khususnya infeksi jamur sistemik yang pendeteksian/pembuktiannya melalui analisa DNA. Infeksi jamur yang sifatnya sistemik pada organ-organ tubuh manusia (bukan infeksi di kulit), tidak mudah diketahui.

“Adakalanya gejalanya tidak spesisfik, tetapi bisa dibuktikan dengan metode laboratorium terhadap DNA/RNA jamur tersebut. Dengan demikian, para mahasiswa akan diberi pemahaman bagaimana peran teknologi masa kini, yaitu membuktikan penyakit dari DNA atau RNA,”ucapnya.

Kembali Yahwardiah menambahkan, keunggulan FK Unpri adalah lokasi kampus yang strategis, ruang kelas dan ruang diskusi yang dilengkapi dengan AC dan LCD proyektor. Setiap ruang, FK Unpri memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap.

Seperti halnya dengan laboratorium komputer, laboratorium bahasa dan memilki berbagai laboratorium Ilmu Kedokteran Dasar (anatomi, histologi, patologi anatomi, fisiologi, mikrobiologi, parasitologi, biokimia, patologi klinik) dan laboratorium Keterampilan Klinik (Clinical Skill Lab)

FK Unpri telah Terakreditasi BAN-PT dan saat ini telah bekerjasama dengan Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan. Sehingga lulusan FK Unpri dapat dikirim ke rumahsakit tersebut untuk melanjutkan pendidikan spesialis. Tahun 2013, FK Unpri akan menghasilkan alumni dokter sebanyak 20 orang.

Kemudian, tambahnya, FK Unpri telah membuka Pendaftaran mahasiswa baru Tahun Ajaran 2013-2014 melalui dua jalur, yaitu jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) serta  jalur Reguler. Tempat pendaftaran dilaksanakan di Kampus I Jalan Ayahanda nomor 68 A Medan. Om-18

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login