«

»

Hadiri Wisuda Santri TKA & TPA LPPTKA BKPRMI, Eldin : Jadilah Generasi Penerus Berkarakter Islami

Medan-ORBIT : Taman Kanak-kanak  Al Quran (TKA) dan Taman Pembacaan Al Quran (TPA) sampai saat ini  dan sukses di masa depan. Selain menjadikan anak-anak pintar dan berahlak mulia, juga cakap dalam beragama. Sebab, hidup akan kering jika hanya  dijalani dengan bekal  intelektual semata tanpa adanya sifat dan sikap keberagamaan.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Wali  Kota Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi ketika menghadiri Wisuda Santri TKA-TPA Lembaga Pembinaan Pengembangan Taman Kanak Al Quran (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Medan tahun 2013 di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Kamis (6/6).

“Itu sebanya TKA dan TPA  sebagai  lembaga non formal  yang  menempati  peran strategis bagi generasi muda. Karena dari sanalah tempat mayoritas anak-anak dari usia dini mempersiapkan diri  untuk menjalankan peran penting mereka bagi masyarakat di kemudian hari. Selain itu menghasilkan lulusan yang memiliki karakter dan  ahlak yang kuat,” kata Eldin.

Menurut Eldin, keberhasilan TKA dan TPA secara sederhana diukur untuk mampu menghasilkan anak didik dan lulusan yang memiliki  pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama dengan utuh dan mantap yang dapat  digunakan sebagai bekal  untuk dirinya sendiri dan kesalehan masyarakat. “Jadi momentum wisuda ini merupakan salah satu bentuk refleksi kita bersama apakah santri-santri yang diwisuda hari ini telah diberikan bekal  mumpumi untuk kehidupan mereka ke depannya,” ungkapnya.

Atas dasar itulah Eldin berharap agar peranan TKA dan TPA ini  untuk terus ditingkatkan  agar ke depannya Kota Medan memiliki generasi penerus yang berkarakter Islami, cerdas serta mampu  memimpin dengan amanah ke depannya. Kemudian kepada LPPTKA BKPRMI Kota Medan, Eldin mengucapkan terima kasih atas dedikasinya dalam melahirkan insan-insan muda  yang berkarakter keislaman  dengan pemahaman  dasar tentang ajaran-ajaran Islam.

“Saya harapkan seluruh santri–santri TKA-TPA LPPTKA BKPRMI Kota Medan yang diwisuda hari ini diharapkan menjadi generasi muda  dan cikal bakal pemimpin baik di masa mendatang dengan bekal keislaman yang kuat,” harap Eldin.

Sedangkan kepada seluruh santri yang diwisuda, Eldin berpesan semoga ilmu yang telah diperoleh selama ini bisa dimanfaatkan dengan baik kepada diri  pribadi dan keluarga, bangsa dan negara. “Untuk  orang tua santri,  saya  berharap agar terus melatih anak-anak kita  dala m menggali ilmu keislaman  yang telah diberikan di TKA dan TPA supaya tetap diingat serta mengakar dalam diri mereka  sebagai bekalnya di kemudian hari,” pesannya.

Sementara itu Ketua BKPRMI Kota Medan Syafrizal Harahap SHi menjelaskan, jumlah santri yang diwisuda  sekitar 1900 orang. Banyak jumlah santri ini menyebabkan prosesi wisuda dilakukan dua kali. Dijelaskannya, santri yang diwisuda itu telah menjalani proses munaqasah (ujian). Artinya, para santri telah melewati masa ujian.

“Alhamdulillah, wisuda yang dilakukan hari ini sebagai awal membangun karakter anak-anak sehingga mereka mampu di bidang ilmu pengetahuan namun tidak melupakan nilai-nilai moral dan ahlak sesuai dengan ajaran Al Quran. Kita berharap nilai-nilai dan ahlak mulia itu terus menemani mereka dalam  memenuhi cita-citanya masing-masing pada masa yang akan datang. Apalagi di saat ini  pendikan moral dan nilai-nilai etika sangat dibutuhkan dalam mengahadapi era globalisasi,” ujar Syafrizal.

Untuk itulah Syafrizal sangat berharap, melalui TKA dan TPA LPPTKA BKPRMI Kota Medan ini sekitar 1900 santri  yang diwisuda dapat mengisi pembangunan, terutama di Kota Medan  pada masa akan datang dengan ilmu-ilmu  dan ahlak yang Islami.

Acara wisuda ini turut dihadiri Kadis Pendidikan Kota Medan Drs Parluhutan Hasibuan, Camat Medan Baru Mopul Simbolon, Direktur Daerah LPPTKA BKPRMI Kota Medan  Jalaludddin Sitompul Spd, Ketua KNPI Kota Medan El Adrian Shah SE,  guru-guru  TKA dan TPA LPPTKA BKPRMI Kota Medan serta orang tua santri. Or-10

Leave a Reply