«

»

Kapolda Copot Kapolsek Medan Kota

Medan-ORBIT: Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, mencopot Kapolsek Medan Kota, Kompol Sandy Sinurat dari jabatannya.

Informasi dihimpun Harian Orbit, Kamis (24/1), Sandy dicopot bersama 65 perwira polisi setingkat Perwira Menengah (Pamen) dan Perwira Pertama (Pama) di jajaran Polda Sumut sesuai Telegram Rahasia (TR) Nomor ST/65/I/2013 tertanggal 21 Januari 2013.

Diketahui, posisi Kapolsek Medan Kota yang baru diisi Kompol Paulus Hotman Sinaga, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Polres Tapanuli Utara.Sementara Kompol Sandy Sinurat akan menempati posisi barunya yakni sebagai Pamen (Perwira Menengah) di Polda Sumut.

Sedangkan, Kanit Lakalantas Polresta Medan AKP Yuwita Ismail,  dimutasi menjadi pama di Polresta Medan. Jabatan AKP Juwita diduduki AKP Eko Hartanto Sudiro Usodo yang sebelumnya Kasat Lantas Polres Asahan.

Kepala Sub Bidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi (Kasubbid PID) Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, mutasi itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja personil di wilayah kesatuannya masing-masing.

“Mutasi adalah hal yang biasa di Kepolisian. Tidak ada maksud lain dan keperluan lain, kecuali kepentingan kemajuan kinerja dan organisasi,” kata Nainggolan.

Menurut MP Nainggolan, selain untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas personil Polri, mutasi itu juga dilakukan sebagai upaya untuk penyegaran dan promosi jabatan baru para personil yang baru dimutasi.

“Semua ini dilakukan demi penyegaran di tubuh Polri serta promosi di jabatan barunya,” sebutnya.

Ditanya apakah benar saat ini Kompol Sandy Sinurat sedang tersandung kasus sehingga dimutasi, MP Nainggolan mengaku tidak mengetahuinya. “Saya tidak tahu apa kasusnya sehingga dia diperiksa. Tetapi itu sifatnya internal belum masuk dalam ranah publik,” jawab MP Nainggolan.

Sementara Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Raden Heru Prakoso mengatakan hal yang sama seperti yang diutarakan MP Nainggolan. “Mutasi adalah hal yang biasa, hanya untuk penyegaran organisasi di tubuh Polri saja dan untuk meningkatkan kinerja,” katanya.Or-13

Leave a Reply