«

»

Kelompok Ternak Sapi Langkat Juara Sumut

Medan-ORBIT: Kelompok ternak sapi potong yang dikelola T M Daniel Sembiring di Desa Namuterasi Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat berhasil meraih juara pertama tingkat Sumatera Utara.

“Kita sukses meraih juara pertama pada lomba kelompok ternak Agribisnis sapi potong tahun 2012 tingkat Sumatera Utara,” kata T M Daniel Sembiring di Sei Bingei, Senin (1/10)

Atas keberhasilan meraih juara pertama Sumatera Utara itu, kelompok ternak sapi potong “Sedar” yang dipimpinnya memperoleh mesin perajang rumput ternak dan televisi LCD dari Plt Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho.

Menurut Daniel, kelompok ternak sapi potong yang dikembangkan sudah ada sejak tahun 2007, namun pada waktu itu, ternak miliknya dan anggotanya dikelola secara masing-masing.

Ternak tersebut dilepas di areal luas untuk mencari makanannya sendiri, namun tetap dalam penjagaan dari masing-masing anggota.

Keadaan baru berubah sekitar tahun 2009, melalui bimbingan dan arahan Bupati Langkat Haji Ngogesa Sitepu dan Dinas Peternakan, ternak para kelompok disatukan di dalam kandang ternak sapi kelompok.

Begitu juga untuk pemberian makanannya, harus diberikan di dalam lumbung kelompok yang sudah ditentukan, kata Daniel.

Pada tahun 2009, baru ada 20 ekor ternak sapi milik kelompok, yang sudah kita satukan ke kandang ternak kelompok, namun waktu itu kandangnya masih sederhana.

Kemudian tahun 2010, pihaknya sudah mendapat hasil anakan ternak dari induk pertama, baik itu dari hasil kawin alam maupun Inseminasi Buatan (IB).

Akhirnya anakan ternak terus berkembang dan saat ini menjadi 105 ekor sapi potong. Kini terdapat 60 ekor sapi indukan dan 45 ekor sapi anakan.

”Hasil jual sapi tersebut, sudah bisa membangun kandang senilai Rp70 juta lebih, dengan ukuran panjang 40 meter dan lebar 6 meter, lantai semen serta beratapkan seng,” kata Daniel.

Kepala Dinas Peternakan melalui Kabid Produksi Peternakan Ir Agustawan yang didampingi Kabid Agribisnis Peternakan, Laura Hevalina Ketaren menjelaskan keberhasilan kelompok ternak “Sedar”, berkat dukungan Bupati Langkat Haji Ngogesa Sitepu.

Dikatakanya sejak kepemimpinan Ngogesa Sitepu, di bidang peternakan, sangat berkembang pesat.

Hal itu terbukti dari berbagai lomba yang diikuti para kelompok ternak di Langkat, sering mendapat kejuaraan pertama, baik tingkat provinsi Sumatera Utara maupun ke nasional.

Salah satu kelompok ternak yang berhasil seperti kelompok ternaknya Sutekno, di Kecamatan Secanggang,kata Agustawan. Ant

Leave a Reply