bennerorbit

«

»

KPUD Tetapkan DPT Pilgub Sumut 10.295.013 Jiwa

Medan-ORBIT: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 10.295.013 jiwa, pada Pilgub Maret 2013 mendatang.

Informasi Harian Orbit hingga, Rabu (9/1), dari hasil DPT Pilgub 2013 nanti, terdiri dari 5.091.149 jiwa pemilih laki-laki, dan 5.203.864 jiwa untuk pemilih perempuan.

DPT tersebut ditetapkan pada rapat pleno Penetapan Pemilih Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang dipimpin Ketua dan anggota KPUD Sumut dan dihadiri KPUD kabupaten/kota, beserta pasangan Cagub dan Cawagub.

Ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution mengatakan, DPT tersebut merupakan hasil rekap dari KPUD kabupaten/kota se Sumut.

Menurut Irham, sumber data DPT berasal dari data kependudukan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Disebutkan Irham, secara resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menyerahkan data kependudukan dan data potensi pemilih Pemilukada kepada KPUD pada 1 Juni 2012.

Diakui, percepatan penyerahan data itu dengan tujuan menjaga komitmen agar persoalan kependudukan dan pemilih yang selalu muncul saat proses Pemilukada bisa diminimalisir.

Diharapkan ada validasi data pemilih yang akurat yang dilakukan KPUD di seluruh tingkatan.

Dalam kesempatan itu Irham menyampaikan, dengan telah ditetapkannya DPT Pilgub Sumut ini diharapkan masukan, kritik dan pendapat untuk menyempurnakan dan perbaikan DPT itu.

“Mungkin penetapan DPT ini masih jauh dari harapan dan kesempurnaan. Ada kelemahan serta luput dengan masih adanya penduduk yang belum terdata,” ujar Irham.

Koreksi Terakhir

Dijelaskan, Undang Undang masih memberikan ruang dan kesempatan untuk sekali lagi melakukan perubahan terhadap DPT.

Ditegaskan Irham, yang menjadi perhatian serius bagi seluruh jajaran KPUD terkait Pilgub ini adalah bagaimana melindungi dan menyelamatkan hak konstitusional warga negara sehingga bisa menggunakan hak pilihnya secara bersamaan pada 7 Maret 2013.

“Diharapkan peran serta semua pihak untuk melakukan koreksi terakhir terhadap DPT ini, sehingga seluruh warga yang mempunyai hak pilihnya dapat ikut serta menyampaikan hak politiknya,” ujar Irham.

Setelah pengumuman hasil DPT Pilgub Sumut, acara dilanjutkan dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kesepahaman Pelaksanaan Kampanye oleh KPUD, Panwaslu serta Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Sumut. Om-36

Leave a Reply