• Nasdaq :3534.532+1.446 - +0.04%
  • UK Main Index :6625.25+41.08 - +0.62%
  • Australian All Ords :5444.800+32.200 - +0.59%
  • Australian 200 :5454.200+33.900 - +0.63%
  • AUS VS USD :0.9327
  • USD VS JPY :102.425
  • USD VS IDR :11420.00
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

Masalah Hama Pala

Pemda Aceh Selatan Teken MoU Dengan ITB Bogor

 

Tapaktuan-ORBIT: Bertahun tahun sudah penyakit yang diderita oleh masyarakat tani pala tak kunjung sembuh, mungkin dengan adanya pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan menandatangani MoU dengan ITB Bogor Insya Allah masalah hama pala dapat tertangani segera.

Demikian ucap Bupati Aceh Selatan H.T Sama Indra melalui Kepala Dinas Perkebunan Dan Kehutanan Kabupaten Aceh Selatan Ir H A Manaf Aldy kepada Harian Orbit Minggu(21/07).

Berbagai cara pengobatan hama pala yang tedapat di perkebunan penduduk di Kabupaten Aceh Selatan, hingga kini belum menemukan obatnya sehingga sudah ribuan hektar lahan pala musnah digasak hama penggerek batang pala(Batocera SP alias Herculles) yang disebut sebut binatang berkepala batok keras tersebut.

Namun kali ini Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan, langsung bupati HT Sama Indra, SH membawa Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Ir H A Manaf Aldy ke Jakarta untuk melakukan MoU dengan IPB Bogor meneliti matinya batang pala di perkebunan masyarakat di Aceh Selatan.

Terkait dengan matinya batang pala di kebun masyarakat itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Selatan, Ir HA Manaf Aldy, membenarkan sudah ribuan hektar batang pala masyarakat yang habis digasak hama, itu belum ada solusinya, dengan adanya tim dari bogor nantinya mereka akan meneliti apa yang terjadi di batang pala masyarakat tani pala di negeri pala ini.

Penyakit ini harus kita upayakan bagaimana untuk memusnahkan hama tersebut, apalagi tanaman pala di Aceh Selatan merupakan primadonanya bagi petani pala maupun yang lainnya.

“Bila ini dibiarkan, primadona tersebut akan menghilang,” ujar A Manaf Aldy.

Seraya mereka menambahkan, dengan adanya kami melakukan MoU dengan IPB Bogor, mudah-mudahan keluhan masyarakat sudah belasan tahun ini bisa terobati.

Dan Insya Allah, dalam waktu singkat ini Tim Ahli dari IPB Bogor akan melakukan penelitian tentang penyakit pala di kabupaten yang terletak pada lintasan zona pertanian ini.

Dengan dilakukan hal tersebut Insya Allah pala pala yang sedang di serang hama penggerek pala di Aceh Selatan ini dapat dimusnahkan dan masyarakat Aceh Selatan diminta untuk berdoa supaya penanganan tentang penyakit pala segera tuntas di Aceh Selatan ini.ON.13

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login