«

»

Partisipasi Pemilih Rendah, Panwaslu Didesak Periksa Sosialisasi Pilgubsu

Medan-ORBIT : Lembaga Bantuan Hukum Trisila Sumatera Utara prihatin atas rendahnya partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013. Keadaan ini menjadi bukti tidak efektifnya sosialisasi Pilgubsu tahun ini.

Demikian siaran pers Direktur LBH Trisila Sumut Hasan Lumban Raja SH didampingi Harton Badia Simanjuntak SH, Epraim Simanjuntak SH, Hisca Situmorang SH, Bintang Mangasi Panjaitan SH dan Johan Wijaya SH diterima Harian Orbit, Rabu (13/3).

Disebutkan, dugaan adanya pelanggaran kode etik maupun hukum dalam pelaksanaan sosialisasi Pilgub Sumut menjadi semakin nyata dan tidak terbantahkan lagi dengan rendahnya partisipasi pemilih. Seyogiyanya saat ini Panwaslu sudah mempunyai bukti permulaan yang cukup untuk melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan sosialisasi Pilgub Sumut.

Pemeriksaan dimaksudkan untuk menguji apakah sosialisasi Pilgub Sumut sudah berpedoman pada ketentuan hukum, etika dan teknis penyelenggaraan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada.

Apalagi ketidakefektifan sosialisasi Pilgub Sumut sudah pernah diingatkan beberapa bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara oleh berbagai pihak, diantaranya oleh LBH Trisila Sumut. Selain itu, LBH Trisila Sumut juga telah mengirim surat Nomor: 07/LBHT-Sumut/S/II/2013 kepada Panwaslu Sumut yang meminta Panwaslu Sumut proaktif menyikapi ketidakefektifan sosialisasi Pilgub Sumut.

Pemeriksaan terhadap pelaksanaan sosialisasi menjadi sangat penting dilakukan oleh Panwaslu mengingat seluruh elemen pemangku kepentingan prihatin atas minimnya partisipasi pemilih, padahal Pilgub Sumut telah menghabiskan anggaran yang sangat besar. Integritas Panwaslu akan diuji melalui kinerja Panwaslu Sumut menyikapinya, mengingat hanya Panwaslu yang diberi kewenangan oleh UU Penyelenggara Pemilu untuk mengawasi dan menilai pelaksanaan sosialisasi Pilgub Sumut.

Hasil pemeriksaan tersebut diharapkan bukan hanya dimaksudkan untuk menghukum pihak-pihak yang bertanggung jawab, melainkan yang terutama adalah menghasilkan rekomendasi yang dapat menjadi solusi guna mengatasi masalah rendahnya partisipasi pemilih dalam pemilu selanjutnya. Untuk mendorong dan menjamin tercapainya tujuan tersebut LBH Trisila Sumut akan membentuk Tim Advokasi Sosialisasi Pilgub Sumut.

Sebagai bentuk dukungan kepada Panwaslu Sumut, LBH Trisila Sumut secara khusus akan kembali mengirim surat kepada Panwaslu Sumut untuk meminta penjelasan atas tindak lanjut yang telah diambil Panwaslu Sumut atas rendahnya partisipasi pemilih sebagai akibat dari tidak efektifnya sosialisasi Pilgub Sumut.Om-32

Leave a Reply