• Nasdaq :3594.537+34.589 - +0.97%
  • UK Main Index :6681.76+56.51 - +0.85%
  • Australian All Ords :5467.100+22.300 - +0.41%
  • Australian 200 :5479.300+25.100 - +0.46%
  • AUS VS USD :0.9365
  • USD VS JPY :102.6315
  • USD VS IDR :11565.00
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

Pemilukada Langkat Tak Diawasi Panwaslu

Berjalanya tahapan Pemilukada yang dilakukan KPU Langkat hingga saat ini, telah sampai pada tahapan verifikasi dukungan pasangan calon perseorangan, tetapi anehnya bisa berjalan tanpa diawasi oleh Panitia Pengawas Pemilukada.

 

Langkat-ORBIT: Pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Langkat yang akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2013, saat ini telah mencapai tahapan verivikasi dan pendaftaran pencalonan pasangan perseorangan dan yang diusung partai Politik (Parpol).

Berdasarkan data dari KPU Langkat tercatat empat pasangan calon perseorangan yang telah mendaftarkan diri. Tetapi setelah dilakukan verifikasi tahap pertama oleh KPU Langkat, keempat pasangan calon tersebut tidak satu pasangan pun yang memenuhi persyaratan.

Setelah diberikan kesempatan untuk memenuhi persayaratan, hanya dua dari empat pasangan calon tersebut yang melakukan perbaikan administrasi.

Anehnya tahapan Pemilukada Langkat yang telah berlangsung saat ini tanpa diawasi oleh Panitia Pengawas Pemilukada yang defenitip.

KPU Langkat dalam menjalankan tugasnya sebagai salahsatu penyelenggara Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Langkat tetap melakukan koordinasi dengan Panwaslu Langkat meskipun panitia pengawas pemilu yang ada saat ini di Langkat masih memegang mandat sebagai Panwaslu Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2013.

“KPU Langkat tetap melaporkan setiap hasil tahapan Pemilukada pada Panwaslu Langkat,” kata Riswan G Divisi Humas KPU Langkat saat ditemui di Stabat, diakhir pekan lalu.

 

Batal Demi Hukum

Informasi diperoleh menyebutkan, meskipun Pemilukada Langkat telah berlangsung, namun hingga kini Bawaslu Pusat maupun Panwaslu Provinsi belum juga melakukan penyeleksian calon Panitia Pengawas Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Langkat tahun 2013.

Padahal enam Kabupaten dan Kota yang juga melaksanakan Pilkada di tahun 2013 ini, Bawaslu telah melantik Panitia Pengawas Pemilu di daerah tersebut terkecuali Langkat yang hingga saat ini belum juga dilantik.

Tidak diketahui pasti penyebab tidak dikukuhkanya Panwaslu Langkat yang ada saat ini menjadi Panwaslu Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Langkat oleh Bawaslu Pusat.

Padahal enam Panwaslu Kabupaten Kota yang sebelumnya memiliki mandat sebagai Panwaslu Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dikukuhkan oleh Bawaslu Pusat sebagai Panwaslu Pemilukada di daerahnya yang melaksanakan Pemilukada.

Dikhawatirkan dengan tidak adanya pengawasan yang dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilukada yang defenitif di Langkat, bukan tidak mungkin tahapan Pemilukada yang tengah berlangsung bisa menjadi batal demi hukum sebab pelaksanaan tahapan demi tahapan Pemilukada sama sekali tanpa diawasi oleh Panwas Pemilukada, kata seorang pengamat di Langkat. Od-11

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login