bennerorbit

«

»

Program PNPM Pisew Menyentuh Warga Simandulang

Sepanjang ruas jalan yang dahulunya masih papan, kini telah menjadi jalan semen yang mulus.

 

Tanjung Leidong-ORBIT: Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi wilayah, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Simandulang Kec Kualuh Leidong Kab. Labuhanbatu Utara.

Simandulang adalah desa yang berada di bibir laut Mandulang, dahulu sangat memprihatinkan dengan kondisi jalan papan setapak. Desa Simandulang belatar belakang mayoritas penduduk asli melayu dan sebagian kecil eknis Tionghoa.

Sejak adanya PNPM PISEW yang diselenggarakan pemerintah, Simandulang termasuk desa yang sudah mendapat bantuan PNPM sebanyak tiga kali, dimulai 2010 hingga 2012, telah terialisasi jalan semen sepanjang 350 meter dan diperkirakan sekitar 400 meter lagi jalan papan yang masih tersisah, terang seorang warga simandulang.

Kepala Desa Simandulang Sangkot Batubara saat ditemui Harian Orbit belum lama ini, adanya PNPM PISEW tersebut, masyarakat saat ini merasa sangat terbantu sehingga mereka dapat dengan leluasa melakukan aktivitas sehari-hari.

 

Desa Tertinggal

Dari segi perekonomianpun meningkat secara dratis. “Alhamdullilah, program ini sukses berkat adanya kerjasama yang disertai swadaya dan dukungan dari semua lapisan masyarakat,” katanya.

Dalam pelaksanaanya masyarakat sangat antusias bahu membahu, mengikut sertakan diri dalam rasa kebersamaan sehingga terjalin sebuah kekompakan yang tulus dalam hal membangun desanya, dalam arti bangunan PNPM tersebut nantinya akan dinikmati masyarakat itu sendiri, tandas Sangkot.

Di tempat terpisah, Juwandi Tanjung selaku ketua LKD Nelayan Jaya menuturkan kepada Harian orbit, mewakili masyarakat Desa Simandulang menyampaikan terima kasih kepada pemerintah telah memberikan kontribusi percepatan pembangunan, terutama Desa Simandulang yang natobene masih termasuk desa tertinggal.

Program PNPM PISEW beberapa tahun ini yang masuk ke desanya telah menuai hasil baik dan sukses dan manfaatnyapun telah dirasakan oleh masyarakat, dan mereka mengharapkan tahun depan masih dipercaya mendapatkan Program PNPM, niscaya ruas jalan yang ada di desa tersebut akan menjadi jalan semen semuanya, harap mereka. Od-Spn.

Leave a Reply