«

»

Proyek Drainase Ditimbun Pelebaran Jalan, Uang Rp750 Jt Raib, Periksa Kepala UPT V Tarukim Sidimpuan

Massa aksi Formakar saat menyampaikan orasi di Dinas Tarukim Sumut, Jalan Williem Iskandar, Kamis (7/2). ORBIT/Fazly Arman

Massa aksi Formakar saat menyampaikan orasi di Dinas Tarukim Sumut, Jalan Williem Iskandar, Kamis (7/2). ORBIT/Fazly Arman

 

Medan-ORBIT: Dugaan korupsi Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarukim) Pemprov Sumut mencuat ke permukaan.

Informasi dikumpulkan Harian Orbit, hingga Jumat (8/2), diketahui proyek drainase senilai Rp705.003.000 berada di Desa Siranggitgit-Aek Sigama, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta.

Proyek tersebut diduga dikerjakan asal jadi oleh CV Mitra Setia. Menurut Koordinator Forum Mahasiswa Gerakan (Formakar) Indonesia Zulpian Harahap, diduga proyek tersebut tidak sejalan dengan Musyawarah Pembangunan (Musrembang).

Sebab proyek tersebut kini menjadi mubazir karena tertimbun pelebaran jalan. Artinya tidak ada koordinasi antara pihak Tarukim Sumut dan Pemkab Paluta. Dengan demikian, ada indikasi terjadinya kerugian keuangan Negara.

“Kita menyayangkan anggaran senilai ratusan juta rupiah yang berasal dari uang pajak rakyat (APBD Sumut) Tahun Anggaran 2011. Uang rakyat itu terbuang percuma. Sia-sia,” jelas Zulpian.

Untuk itu, Zulpian meminta kepada aparat penegak hukum baik Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) dan Kejaksaan Tinggi Sumatera (Kejatisu) untuk segera memeriksa Kepala UPT Wilayah V Padangsidimpuan.

”Periksa Kepala UPT Wilayah V Padangsidimpun dan CV Mitra Setia, karena telah terjadi kerugian keuangan negara,” tegasnya. Om-28

Leave a Reply