bennerorbit

«

»

PT Pelni Siapkan 27 Kapal Lebaran

Jakarta-ORBIT : PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) siapkan 27 armada kapal untuk antisipasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran nanti. Jumlah armada  terdiri atas 25 kapal penupang dan dua kapal ro-ro (roll on-roll off). Tahun ini, PT Pelni memprediksi kenaikan penumpang kapal sebesar 2 persen dibanding tahun lalu.

“Tahun lalu jumlah penumpang kapal saat musim mudik Lebaran mencapai 614 ribu penumpang.

Semua sudah kami persiapkan dari jauh-jauh hari dan semua kapal sudah selesai docking (perawatan),” kata Kepala Humas PT Pelni, Mungi P. Retno, Kamis (4/8).

Dia menyebutkan, lonjakan penumpang akan terjadi untuk beberapa rute arus mudik seperti Belawan, Batam, Tanjung Pinang, dan daerah Kalimantan seperti Pontianak dan Balipapan. Lonjakan penumpang diprediksi meningkat mulai 7 hari sebelum dan sesudah Lebaran. Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang, frekuensi kapal juga akan ditingkatkan di beberapa rute padat.

Mengenai harga tiket kapal, lanjutnya, PT Pelni tidak menaikkan harga. Bahkan beberapa rute diberikan harga khusus seperti tiket dari Jakarta-Surabaya bisa dibeli dengan harga Rp 180 ribu dan rute Jakarta-Semarang yang dijual dengan harga khusus Rp 150 ribu.

“Harga tiket tetap, tidak kami naikkan karena untuk mengakomodasi keinginan pelanggan. Kalau angkutan udara ada yang menaikkan harga tinggi, kami tetap,” ujarnya.

Meski lonjakan penumpang diprediksi terjadi sepekan sebelum dan sesudah lebaran, namun PT Pelni telah menyiagakan posko informasi dan pelayanan sejak H-15 hingga H+15 Lebaran. “Seluruh tenaga manusia termasuk ABK sudah siap dan siaga. Kesiapan sudah memenuhi regulasi keamanan dan keselamatan penumpang,” ujarnya. ti

1 ping

  1. Joey

    .

    tnx for info!!

Leave a Reply