«

»

Simalungun, Langkat dan Tabagsel Mau Dimekarkan

Foto.HL. 5. Gamawan Fauzi, Ist

Medan-ORBIT:Menteri Dalam Negeri (Mendagri) H Gamawan Fauzi menyatakan Simalungun, Langkat dan Tabagsel mau dimekarkan. Pihaknya sudah menerima 181 usulan wilayah di seluruh Indonesia yang minta dimekarkan termasuk Kabupaten Simalungun, Langkat dan Tabagsel.

Hal itu diungkapkan Gamawan Fauzi di VIP Room Bandara Polonia Medan, Kamis (14/3) saat usai melantik Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho.

Menurut Gamawan, wilayah atau suatu kabupaten yang mau dimekarkan itu harus yang memang layak. Syaratnya menurut Gamawan, harus ada satu daerah yang penduduknya 20 ribu orang minta dimekarkan wilayahnya.

Semangat demokrasi membangun suatu daerah itu boleh-boleh saja asalkan ditopang dengan SDM yang baik dan wilayahnya juga mendukung atau tidak untuk dimekarkan. Bayangkan saja lanjut Mendagri usulan untuk pemekaran itu setiap hari masuk di Depdagri.

Dia menambahkan, dalam menentukan suatu daerah bisa dimekarkan atau tidak Depdagri juga tak mau sembrono. Artinya, harus memang tepat sasaran dan bukan karena adanya keingingan elit-elit bawah yang ingin menjadi kepala daerah.

 

Menjadi Kajian

Selain itu, Gamawan juga menyebutkan pihaknya juga akan mengevaluasi terkait rendahnya tingkat partisipasi pemilih di Kota Medan pada Pilgub Sumut.

“Ini yang perlu kita analisa, apa penyebabnya. Di Medan itu 36 persen yang milih. Ini menjadi sebuah pertanyaan,” kata Gamawan.

Dia berharap agar situasi rendahnya tingkat partisipasi itu juga dapat menjadi bahan kajian bagi pemerintah dan penyelenggara Pemilukada.

“Mudah-mudahan menjadi kajian bagi Kesbangpollinmas dan KPU, apakah sosialisasinya kurang atau ada apa ini?,” ujarnya.

Diketahui, tingkat partisipasi pemilih di Kota Medan pada Pilgub Sumut, Kamis (7/3) pekan lalu hanya mencapai 36,62 persen saja dari total DPT sebanyak 2.121.551 atau sebanyak 1.346.958 pemilih tidak menggunakan hak pilihnya.

Kedatangan Mendagri ke Medan dalam rangka melantik H Gatot Pujonugroho ST menjadi Gubsu defenitif itu disambut Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM, Sekdaprovsu H Nurdin Lubis serta para SKPD di Pemprovsu. Om-19/Om-27

Leave a Reply