• Nasdaq :3534.532+1.446 - +0.04%
  • UK Main Index :6625.25+41.08 - +0.62%
  • Australian All Ords :5444.800+32.200 - +0.59%
  • Australian 200 :5454.200+33.900 - +0.63%
  • AUS VS USD :0.9333
  • USD VS JPY :102.421
  • USD VS IDR :11427.50
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

SMP 1 Medan Siap Menangkan Adiwiyata

Medan-ORBIT: SMP Negeri 1 Medan siap memenangkan kompetisi lomba sekolah adiwiyata yang diselenggarakan Kementrian Lingkungan Hidup. Untuk merebut piala tersebut, pihak sekolah sudah melakukan persiapan selama satu tahun belakangan ini.

“Kami telah mempersiapkannya selama satu tahun, guru serta murid juga setiap minggu rutin melakukan gotong royong memberiskan lingkungan sekolah,” ujar Wakil Kepala Sekolah SMP 1, Syahril Harahap kepada wartawan, disela-sela penilaian dilakukan BLH Medan di sekolah yang terletak di Jalan Bunga Asoka, Medan Sunggal, Rabu (17/4),.

Untuk memenangkan kompetisi itu, jelas Syahril lebih lanjut, SMP 1 juga telah membentuk tim terdiri dari guru-guru diantaranya, Lelawani Lubis, Dewi Sri, Malahayah dan Nazarudin Ginting. Menurut Syahril, pembentukan tim itu untuk memantapkan kesiapkan sekolah dalam berkompetisi  Adiwiyata.

“Kami juga membentuk Tim untuk memenangkan SMP 1 pada lomba Adiwiyata. Kami berharap pada lomba Adiwiyata ini murid di SMP 1 Medan bisa memahami pentingnya lingkungan hidup dalam siklus kehidupan dan juga menambah wawasan murid dibidang lingkungan,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bidang BLH Kota Medan Adnan Syah Zega, Rabu (17/4), saat melakukan penilaian di Sekolah SMP 1 Medan mengatakan penilaian terbaik nantinya akan mewakili Kota Medan pada lomba sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Sumut.

“Penilaian akan dilakukan secara obyektif karena tim penilai berasal dari berbagai unsur. Antara lain unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, BLH, serta tim lainnya,”jelasnya.

Adnan juga mengatakan ada empat komponen yang dinilai, meliputi kebijakan sekolah berkaitan dengan lingkungan hidup, kurikulum, kegiatan, serta sarana dan prasarana.

“Lomba ini diadakan untuk menumbuhkan semangat menjaga kebersihan dalam diri siswa,”ujarnya.

Informasi dihimpun Harian Orbit, ada 7 sekolah yang lolos verifikasi dan saat ini sedang dinilai untuk mewakili Kota Medan untuk maju di tingkat provinsi, yaitu SMP 1 Medan, SMP 18 Medan, SD Alfatin Medan, SD Percontohan Medan, SMA 13 Medan, SMA 2 Medan dan SMA 1 Medan.

Sementara itu informasi dihimpun Harian Orbit, menyebutkan lomba sekolah adiwiyata yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Sebanyak 7 sekolah dari berbagai tingkatan lolos ke dalam tahap verifikasi lapangan lomba sekolah adiwiyata tahun 2013 yang diselenggarakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Medan. Sekolah-sekolah tersebut saat ini sedang mulai diverifikasi tim penilai yang berasal dari berbagai unsur.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. Om-20

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login