bennerorbit

«

»

Ny Sutias Gatot: Pemanfaatan Pekarangan Rumah Bantu Perekonomian

Foto...3...ISTRI PAK GATOT

Tebingtinggi-ORBIT: Biaya kebutuhan konsumsi rumah tangga dinilai semakin tinggi. Pemanfaatan lahan pekarangan rumah merupakan salahsatu alternatif yang mampu meminimalisir pembiayaan.

Selain mudah dikerjakan, solusi itu juga tidak begitu menguras tenaga serta permodalan sehingga sangat cocok untuk dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga, maupun para ibu-ibu yang berkarier.

“Geografis Kota Tebingtinggi yang merupakan kawasan perkotaan sangat ideal untuk mengembangkan pemanfaatan lahan pekarangan,” kata Ny Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho baru baru ini, ketika menghadiri acara perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Yayasan Perguruan Dipanegara Tebing Tinggi.

Ny Sutias menyebutkan, bila ibu-ibu mau berupaya membantu perekonomian keluarga, cukup dengan meluangkan waktunya dengan mengolah halamannya dengan menanam sayur mayur. Tentunya, aneka sayur yang mudah ditanam seperti sawi, daun ubi, nasi-nasi, daun katu.

“Pekarangan tak mesti luas, sayur mayur ini bisa ditanam di dalam pot. Nah, tindakan memanfaatkan pekarangan rumah tersebut dapat menjadi kampanye yang harus digencarkan para ibu, guru di Yayasan Dipanegara,” sarannya.

Sunat Rasul

Tak hanya sayuran, untuk meringankan pengeluaran dapur harian juga dengan menebar ikan, seperti lele, sepat, bado. Ikan-ikan jenis ini, menurut Ny Sutias, tergolong ikan yang mengandung gizi tinggi dan lazim dikonsumsi.

Ikan tergolong bandel ini bahkan sangat mudah untuk dikelola, cukup hanya bermodal ember bekas maka ikan-ikan ini mampu tumbuh besar dan berkembang biak.

Selain Maulid, kegiatan ini dirangkai dengan sunat massal 73 anak, mereka pun mendapat sapaan langsung dari Ny Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, yang didampingi Ny Sri Kurnianingsih Umar Zunaidi.

Turut hadir, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Wakilnya Irham Taufik, Asisten II Pemkab Serdang Bedagai Amirullah Damanik, serta 17 majelis taklim se-Kota Tebing Tinggi.

Sementara itu, Adlin Damanik, Ketua Yayasan Dipanegara menyatakan, pihaknya berterima kasih kepada Ny Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho bersama rombongan yang telah hadir, dan menjadi donatur untuk pelaksanaan sunat rasul yang diselenggarakan pihaknya. Od-15

Leave a Reply