• Nasdaq :3544.142+11.055 - +0.31%
  • UK Main Index :6625.25+41.08 - +0.62%
  • Australian All Ords :5444.800+32.200 - +0.59%
  • Australian 200 :5454.200+33.900 - +0.63%
  • AUS VS USD :0.933
  • USD VS JPY :102.419
  • USD VS IDR :11420.00
  • WP Stock Ticker
Temui kami di: feed rss facebook twitter google+
|

Terima Upah di Bawah UMK, Karyawan PT RCS Lapor ke Dinsosnaker

Medan-ORBIT: Kesewenangan yang diberlakukan PT Rebon Cleaning Sistim (RCS) atas pemberian upah di bawah Upah Minimum Kota (UMK) Medan membuat puluhan karyawan perusahaan itu berang.

Informasi dihimpun Harian Orbit hingga Selasa (5/3), puluhan karyawan perusahaan yang dipekerjakan secara outsourching itu dilaporkan ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Medan.

Kedatangan puluhan karyawan PT RSC itu didampingi kuasa hukum Ketua KIKES SBSI Kota Medan, Usaha Tarigan.

Dalam pertemuan tersebut, karyawan PT RCS melaporkan perusahaan tempat mereka bekerja tidak membayar upah sesuai dengan ketentuan UMK Kota Medan. Setiap bulannya, karyawan hanya menerima upah Rp780.000.

Padahal sesuai dengan keputusan Walikota Medan perusahaan yang ada di Kota Medan , wajib membayar upah buruh dan pekerja senilai Rp1.650.000. Namun ketentuan itu tidak dipenuhi oleh pihak perusahaan itu.

Melalui kuasa hukumnya SBSI KIKES Kota Medan, meminta perusahaan agar membayar upah karyawan PT RCS sesuai dengan UMK Kota Medan, serta meminta Dinsosnaker Medan segera menindak perusahaan tersebut.

 

Jamsostek

Seusai pertemuan Ketua KIKES SBSI Kota Medan Usaha Tarigan mengatakan, pada umumnya karyawan outsorching PT Rebon Cleaning Sistim ini bekerja dipusat perbelanjaan Medan Plaza, Pladium dan Medan Mall.

“Perusahaan tidak mematuhi UMK Kota Medan dan itu jelas menyalahi aturan,” tegas Usaha Tarigan.

Selain itu, karyawan juga tidak diikutsertakan sebagai anggota Jamsostek, sehingga karyawan yang bekerja di perusahaan itu tidak mempunyai jaminan asuransi kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.

Usaha Tarigan mendesak Dinsosnaker Medan agar dapat segera menyelesaikan masalah pelanggaran upah yang dilakukan PT RCS, yaitu dengan memerintahkan perusahaan tersebut agar membayar upah sesuai peraturan dan diikut sertakan dalam Jamsostek.

“Kami berharap Dinsosnaker dapat menyelesaikan masalah ini,” ujar Usaha Tarigan. Om-36

facebook twitter

You must be logged in to post a comment Login