«

»

USU Terima 2.265 Mahasiswa D3

Pembayaran Pendaftaran Ditutup 13 Agustus

 

Medan-ORBIT: Universitas Sumatera Utara (USU) membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru program diploma melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma (SPMPD) tahun akademik 2013-2014.

“USU terima 2.265 orang calon mahasiswa baru program D-3 melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma Tahun 2013. Pendaftaran

dibuka tanggal 22 Juli dan dijadwalkan akan ditutup pada 13 Agustus 2013,” Jelas Ketua Panitia Prof Ir Zulkifli Nasution, M.Sc, Ph.D kepada Harian

Orbit Rabu (24/7) kemarin.

Zulkifli menambahkan, sistem pendaftaran berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2013 ini dilakukan secara online. Pendaftaran dilakukan melalui registrasi online pada website http://spmpd.usu.ac.id, guna mendapatkan nomor registrasi.

Selanjutnya calon peserta dapat melakukan pembayaran dengan membawa nomor registrasi ke teller Bank BNI terdekat atau melalui ATM, dan Internet Banking.

Secara rinci dijelaskan mantan Dekan Pertanian tersebut, setelah melakukan pembayaran, calon peserta mendapatkan password dari Bank BNI untuk selanjutnya melakukan login ke sistem pendaftaran.

“Setelah login, calon peserta dapat melakukan pemilihan Program Studi yang diminati dan mengunggah pasfoto terbaru yang sesuai dengan persyaratan,” terangnya.

Pembantu Rektor I itu, meminta semua peserta calon mahasiswa yang mendaftar harus melakukan pencetakan Kartu Peserta yang dibawa dan akan ditunjukkan kepada pengawas ruang pada saat ujian tulis SPMPD berlangsung.

Di tempat yang sama kepala humas USU Bisru Hafi Msi menjelaskan bahwa ujian tertulis SPMPD USU berlangsung pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2013 dengan materi ujian terdiri dari Kemampuan IPA, Kemampuan Verbal dan Dasar, dan Kemampuan IPS.

“Ujian berlangsung pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2013dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan lokasi ujian di Kampus USU,” Jelas Bisru.

Sebutnya lagi, biaya pendafataran untuk mengikuti seleksi SPMPD, untuk kelompok IPA/IPS Rp.200.000,- dengan masing-masing pilihan program studi sebanyak-banyaknya dua, dan kelompok IPC Rp.250.000,-dengan pilihan program studi sebanyaknya tiga.

Bisru menuturkan, program studi(prodi)pilihan pada SPMPD USU sebanyak 15 prodiyang terdiri dari 7 kelompok IPA yaitu Keperawatan, Kimia, Teknik Informatika, Statistik, Fisika, Analis Farmasi dan Makanan, Metrologi dan Instrumentasi.

Sementara pada kelompok IPS terdiri dari 8 Prodi diantaranya Keuangan, Akuntansi, Kesekretariatan, Perpustakaan, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Pariwisata, dan Adminstrasi Perpajakan.

Tambahnya lagi, pengumuman hasil ujian tertulis dijadwalkan pada hari Kamis tanggal 22 Agustus 2013 pada website (http://spmpd.usu.ac.id).

Informasi didapat dari panitia SPMPD jumlah pendaftar hingga hari ketiga 527 orang, dengan rincian 153 IPA, 249 IPS dan 125 IPC. Peserta yang telah melakukan pembayaran di Bank BNI sebanyak 152 orang dengan rincian 53 IPA, 71 IPS, dan 28 IPC. Sedangkan peserta yang telah melakukan pencetakan Kartu Peserta baru mencapai kisaran 96 orang, dengan rincian IPA 37orang , IPS 45 orang , dan IPC 14 orang. Om-24

Leave a Reply